Cara Menambal Gigi Secara Aman dan Sesuai Standart Kesehatan

Friday, September 20th 2019. | Otomotif

Gigi yang sudah mulai berlubang biasanya akan memicu timbulnya penyakit pada gigi dan membuat tidak nyaman saat makan maupun minum. Untuk mengatasi permasalahan ini, langkah yang bisa diambil yaitu dengan menambalnya. Untuk lubang gigi yang masih sedikit atau kecil, maka bisa ditambal dengan jenis tambalan secara langsung. Sedangkan untuk gigi yang sudah memiliki kerusakan berupa lubang yang besar, maka cara menambalnya yaitu dengan tambalan tidak langsung. Baik tambal langsung maupun tidak langsung, bisa Anda lakukan di tambal gigi Jogja.

Tambalan langsung yaitu dengan menempelkan bahan tertentu pada gigi yang berlubang. Pada zaman dahulu, dikenal bahan berupa amalgam yang bisa digunakan untuk menambal gigi. Benda yang berwarna silver ini terbukti kuat untuk menambal gigi, bahkan menurut penelitian bisa bertahan sampai 20 tahun. Akan tetapi, setelah diteliti kembali, meskipun bahan ini kuat untuk menambal gigi ternyata ada efek samping yang cukup membahayakan yaitu ada merkuri yang terkandung di amalgam. Atas dasar inilah, kementerian kesehatan mulai saat ini sudah melarang penggunaan amalgam untuk menambal gigi. 

Klinik Tambal Gigi

Bahan tambal gigi lainnya yaitu resin komposit , dimana jenis bahan ini bisa mengeras pada gigi dengan cara disinar. Resin komposit ini kuat dan mudah dibentuk serta memiliki warna yang indah dan bisa menyerupai warna asli gigi sehingga cocok untuk menambal gigi bagian depan. Adapun bahan tambal gigi yang lain yaitu semen ionomer kaca. Bahan ini jika dibandingkan 2 bahan sebelumnya, kekuatannya bisa dikatakan paling lemah. Sedangkan untuk tambalan tidak langsung harus dibuat di laboratoriun dan diperuntukkan bagi gigi yang berlubangnya sudah cukup parah. Untuk memperoleh hasil yang sesuai harapan, Anda bisa datang ke tambal gigi Jogja.

Agar tambalan gigi Anda yang dilakukan di tambal gigi Jogja awet , maka harus melakukan berbagai upaya diantaranya rutin sikat gigi, minimal 2 kali dalam sehari. Saat menyikat, usahakan secara pelan saja. Menjaga kebersihan mulut mutlak diperlukan agar tidak muncul lubang baru pada gigi Anda. Jika tambalan gigi Anda mengalami berbagai kondisi diantaranya : timbul rasa ngilu saat minum dan makan yang panas atau dingin, maka perlu segera berkonsultasi ke dokter. Penanganan secara cepat akan menjadikan gigi Anda tetap terjaga kesehatannya dan jika harus dilakukan tindakan  maka akan segera tertangani.