Cara Pengelolaan Sampah

Saturday, October 26th 2019. | Kebersihan Lingkungan

Bagaimana cara pengelolaan sampah yang ada di tong sampah besar dengan tepat sehingga tidak menimbulkan pencemaran maupun polusi? Yuk ketahui cara mengelolanya melalui prosedur 3R di bawah ini.

Sudahkah Anda mengetahui bahwa sampah yang dikenal sebagai material tidak berguna memang harus dikelola secara tepat? Jika pengelolaannya saja tidak benar maka dapat berdampak negatif pada lingkungan. Oleh karena itu, sebagai masyarakat yang baik maka Anda harus mengetahui cara pengelolaan sampah yang benar yaitu melalui 3R.

Belum tahu apa itu 3R maka Anda dapat memahami pengertiannya terlebih dahulu agar dapat mengetahui prosedur yang tepat agar tidak menimbulkan adanya pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah.

Cara Pengelolaan Sampah

Bagaimana cara pengelolaan sampah yang tepat untuk menghindari pencemaran lingkungan? Ini dia seputar penjelasannya untuk Anda.

  1. Reuse

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam mengelola sampah yaitu menggunakan kembali atau istilahnya yaitu reuse. Nah, metode ini memang membutuhkan penanganan sampah yang cukup mudah. Jadi, Anda bisa langsung menggunakannya kembali dengan fungsi yang sama maupun berbeda.

Contohnya, Anda bisa menggunakan kembali plastik yang telah digunakan saat belanja ke warung. Ketika Anda menggunakan plastik baru pastinya akan menambahkan jumlah sampah yang ada.

  • Reduce

Setelah Anda menggunakan kembali sampah tersebut maka hal berikutnya yang harus dilakukan dalam pengelolaan sampah yaitu reduce atau metode pengelolaan sampah yang dapat mengurangi segala penggunaan produk yang dapat menimbulkan adanya jumlah sampah.

Misalkan ketika Anda terbiasa menggunakan plastik untuk berbelanja maka kini bisa menggunakan tas jinjing sehinga meminimalkan penggunaan sampah plastik pastinya.

  • Recycle

Selanjutnya, langkah terakhir dalam cara pengelolaan sampah yaitu recycle atau mendaur ulang sampah. Metode ini tentunya mengubah sampah menjadi produk baru sehingga menciptakan produk dengan nilai manfaat yang cukup tinggi sehingga dapat digunakan kembali.

Kini banyak sekali produk yang terbuat dari bekas plastik makanan ataupun plastik bekas detergen yang kemudian biasa dibuat menjadi tas belanja. Bahkan, ada juga yang mengkreasikannya menjadi taplak meja, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah seputar penjelasan mengenai cara pengelolaan sampah yang benar sehingga dapat menghindarkan dari permasalahan pencemaran lingkungan yang memang memberikan dampak cukup buruk.