Cerita di Balik Candi Badut, Candi Tertua Yang Ada Di Jawa

Saturday, March 28th 2020. | Wisata

Diantara kalian semua pasti banyak yang belum tau kalau candi badut ini termasuk candi tertua yang ada di pulau jawa. Destinasi bersejarah yang berada di malang ini sangat berbeda dengan candi – candi lainnya. Obyek wisata Candi Badut ini menawarkan suasana yang cukup sejuk dengan pepohonan rindang dan taman – taman yang tertata rapi. Suasana sekitar Candi yang indah dengan rimbunnya beberapa pepohonan yang senantiasa indah dan hijau dimata. Pengunjung dapat berfoto ria dengan latar belakangkan candi yang memiliki nilai budaya tinggi.

Angin sejuk berhembus menemani pengunjung duduk atau bercengkerama di rerumputan taman di sekitar candi. Disamping udara malang yang di kenal sejuk Candi Badut ini memiliki taman – taman yang hijau maka dari itu udara yang senantiasa elok untuk dinikmati. Bangunan Candi Badut yang berada diantara pemukiman penduduk tidak mengurangi keindahan bangunan tersebut. Petugas cagar budaya kota Malang yang mempunyai kewajiban tersendiri mereka sangat cekatan dalam memelihara dan menjaga area bangunan candi Badut ini. Terlihat dengan sarana prasarana yang cukup, misalnya kamar mandi di area candi yang cukup bersih. Keindahan taman juga terjaga dengan baik oleh para petugas cagar budaya dan taka da sehelai sampah pun yang beterbangan.

Saat dipandang, bangunan candi ini tampak senantiasa indah dengan bersiram cahaya matahari di antara barisan berbagai jenis bunga. Bunga-bunga itu tertata rapi dengan dampingan rumput – rumput rimbun yang hijau juga melengkapi sebagai lantai sekitar candi.Pengunjung juga dapat memanfaatkan waktu untuk menambah pengetahuan tentang hal hal bersejarah. Pengunjung dapat bertanya tanya pada petugas bangunan candi tentang situs purbakala. Atau bisa dengan melihat plang informasi atau papan petunjuk candi. Terkadang pada hari libur liflet atau buku kecil yang memuat informasi candi Badut, bisa kalian ditemui dijual di sekitar lokasi candi. Harganya tidak cukup mahal pengunjung hanya cukup membayar biaya pengganti cetak sebesar Rp 5.000 sampai Rp 10.000 per buah, menarik bukan.

Bukan hanya itu candi pada umumnya yang dikenal sebagai destinasi bersejarah. Kebanyakan destinasi ini hanya di kunjungi oleh wisatawan yang bertujuan untuk belajar sejarah. Namun candi ini berbeda candi yang fasilitasnya cukup lengkap dan pemandangan yang cukup indah sehingga mampu menarik wisatawan karena dengan infonya yang sangat menarik itu. Jika kalian berkunjung ke Malang Langsung saja klik paket wisata malang 4 hari.

Candi Badut ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB. Namun, apabila Pengujung berupa kelompok maupun rombongan ingin berkunjung di luar jam kerja, kalian hanya perlu berkoordinasi dengan pihak pengelola.Bangunan Candi yang letak kantornya menghadap ke arah barat ini tidak akan dikenakan tarif tambahan. Hal ini dikarenakan tempat ini selain memiliki fungsi sebagai wisata sejarah juga pernah digunakan untuk upacara keagamaan bagi pemeluk agama Hindu. Pengunjung dan rombongan hanya perlu membayar seikhlasnya saja. Biaya tersebut akan digunakan untuk biaya perawatan ringan pada areal candi ini sendiri.Candi ini memang bukan termasuk objek wisata utama di Kota Malang, namun soal fasilitas terbilang cukup lumayan. Fasilitas dasar seperti kamar mandi, mushola, dan kios – kios makanan sudah terbilang cukup banyak di sekitar candi ini. Untuk parkir kendaraan pribadi maupun rombongan, pengunjung bisa meletakkan kendaraan di lapangan yang sudah di siapkan di samping kawasan candi. Pengunjung sebaiknya mengunci ganda kendaraan anda untuk menjamin keamanan, karena tidak ada tukang parker yang bertugas disini. Juga jangan lupa kunjungi website kami nahwatour.com untuk info lebih lanjut.