Ini Dia Harga Jasa Menggunakan Jasa Arsitek Profesional

Wednesday, December 25th 2019. | Bisnis

Bagi mereka yang berniat membangun rumah, memiliki arsitek adalah suatu keharusan. Layanan arsitektur diperlukan untuk membantu pemilik rumah mewujudkan desain rumah sesuai dengan keinginan mereka. Namun masalahnya sekarang, masih banyak orang yang tidak berani menggunakan jasa arsitek profesional karena mereka tidak tahu secara detail berapa biaya jasa arsitek tersebut.

Nah, bagi Kamu yang saat ini berencana membangun rumah, berikut adalah daftar harga layanan arsitektur. Paket harga untuk layanan arsitektur biasanya ditawarkan

Dihitung Per Meter Persegi

Kebanyakan arsitektur biasanya menawarkan layanan dalam bentuk desain gambar. Dari desain gambarnya, arsitektur menawarkan harga layanannya dengan berbagai metode, salah satunya adalah meter persegi.

Angka per meter persegi adalah perhitungan di mana arsitektur menentukan harga layanannya berdasarkan luas rumah yang dibangunnya. Misalnya, jika seorang arsitek mendesain rumah, setelah selesai mendesainnya dapat dilihat bahwa luas bangunan mencapai 200 m2. Kemudian luas lantai dihitung bangunan dikalikan dengan harga referensi per meter yang ditentukan oleh arsitektur. Ukuran patokan per meter arsitektur itu sendiri sangat beragam, mulai dari sekitar 100.000 hingga 200.000 per meter persegi.

Persentase biaya konstruksi

Selain itu, ada arsitek yang menawarkan layanan berdasarkan persentase dari biaya konstruksi, misalnya, setelah proyek rumah selesai dan dihitung, dapat dilihat bahwa biaya untuk membangun rumah harus Rp. Kemudian tingkat arsitek adalah 4,78% (berdasarkan tolok ukur Asosiasi Arsitektur Indonesia) dari total Rp4 miliar.

Sekarang, untuk jumlah persentase dari tarif itu sendiri, Ikatan Arsitek Indonesia telah menetapkan tolok ukurnya. Misalnya, untuk rumah dengan biaya produksi kurang dari Rp 200 juta, tarifnya adalah 6,50% dari total biaya produksi, sedangkan untuk rumah dengan biaya produksi Rp2 miliar, tarifnya 5,51% dari total produksi.

Semua dalam satu paket

Selain menyediakan jasa desain, ada juga arsitek yang menawarkan konstruksi rumah, atau sebagai kontraktor. Jumlah yang ditawarkan sangat beragam, tergantung ukuran dan bahan yang digunakan. Keuntungan dari metode ini adalah bahwa pemilik rumah tidak perlu repot mencari kontraktor untuk membangun rumah mereka.

Keuntungan menggunakan layanan arsitektur

Memilih untuk menggunakan layanan arsitek tentu dapat diperhitungkan ketika Kamu ingin membangun rumah, karena sebenarnya menggunakan arsitek dapat memberi Kamu beberapa manfaat yang meliputi:Menggunakan layanan arsitek akan membantu Kamu mewujudkan desain rumah yang ingin Kamu miliki.Menggunakan layanan arsitek hanya akan membuat Kamu lebih efisien karena arsitek akan membuat anggaran anggaran (RAB). Dengan tolok ukur RAB ini, Kamu akan menghindari pengurangan anggaran produksi rumah Kamu. Memanfaatkan layanan arsitek akan melindungi Kamu dan keluarga Kamu dari risiko cacat struktural yang mungkin atau mungkin tidak berlangsung lama untuk sebuah rumah.