Mebel Jati Minimalis, Mau pake Jati TPK atau Jati Kampung?

Monday, September 23rd 2019. | Furniture Jepara

Mebel jati minimalis sebagian besar diproduksi secara massal dengan menggunakan material kayu jati. Seperti kita ketahui bahwa kayu jati memiliki kwalitas yang sangat bagus untuk dipakai sebagai bahan baku mebel. Para perajin mebel jati minimalis sendiri membedakan kayu jati dalam beberapa kelompok kualitas, diantaranya kayu jati TPK atau kayu jati perhutani, ada juga kayu jati kampung. Kayu jati yang di beli dari perhutani biasanya memiliki kualitas yang lebih baik, karena kayu jati yang dibeli dari perhutani ini benar benar kayu yang sudah siap untuk tebang, sementara kayu jati kampung adalah kayu jati yang dibeli dari warga kampung itu sendiri.

Mebel Jati Minimalis Jepara

Mebel jati Minimalis Makin Perlu di Oven Kayunya

Proses pengolahan kayu jati sebelum di buat menjadi mebel jati minimalis sangatlah panjang, sebelum diproduksi untuk dijadikan sebagai barang mebel atau barang kerajianan kayu lainnya, biasanya kayu jati ini di dibelah terlebih dahulu dengan ukuran yang dibutuhkan kemudian kayu kayu yang sudah dibelah ini dimasukkan ke dalam oven untuk proses pengeringan kayu. Proses oven ini sangatlah penting sebelum kayu dibuat menjadi barang barang mebel. Kayu yang belum kering yang dibuat menjadi kerajinan mebel biasanya setelah pemakaian beberapa bulan, biasanya barang akan menjadi pecah, atau banyak juga kasus dimana kayu mengalami penyusutan, dan tentu saja hal ini sangat tidak bagus dilihat dari bentuk dan tidak enak untuk dilihat.

Sesuai dengan namanya mebel jati minimalis adalah jenis mebel dengan konsep minimalis dengan menggunakan material kayu jati, namun dengan semakin menipisnya stok kayu jati yang ada di pasaran, sudah banyak para perajin mebel dari kabupaten jepara ini yang sudah mulai menggunakan material lain sebagai material alternatif pengganti kayu jati. Kayu mahoni merupakan bahan baku mebel yang sangat terkenal setelah kayu jati, kayu mahoni ini memiliki serat kayu yang halus, sangat cocok apabila dipakai untuk dijadikan berbagai macam model mebil dengan finising duko. Warna duko kelihatan sangat elegant, ada banyak kaum milenial yang menyuaki warna duko

tags: , , , ,