Olympus OM-D E-M5 MK ii – Jawaranya IS

Monday, June 24th 2019. | Bisnis

Olympus OM-D E-M5 MK ii – Jawaranya IS

Saat informasinya masih muncul secara sembunyisembunyi di internet, membuat para penggemarnya menunggu dengan rasa penasaran, redaksi CFVD sudah lebih dulu mendapat kesempatan untuk merasakan OM-D E-M5 Mk II. Jagoan terbaru Olympus yang akan membawanya bertarung kembali di kelas mirrorless highend. Ingin tahu seperti apa penampakan dan kemampuannya Berikut ini, hasil pengujian lapangannya. Begitu kiriman OM-D E-M5 Mk II tiba, kesan pertama yang muncul adalah ukurannya hampir mirip dengan pendahulunya. Pilihan menggunakan sensor micro four third, standar sensor dengan dimensi lebih kecil dari sensor APS-C dan 35 mm, Olympus dapat membangun kamera dan sistem lensa dengan dimensi yang kecil. Contohnya, lensa cepat Olympus M. Zuiko Digital 12- 40 mm f2.8 Pro untuk OM-D E-M5 Mk II ukurannya setara dengan lensa Canon EF-S 18-55 mm f3.5-5.6 IS II.

Jasa Foto Wedding Jakarta – Bahkan, dengan lensa M. Zuiko 17 mm f1.8 dan baterai, bobot totalnya hanya 555 gram. Karena kecil, kesannya pun tidak seperti kamera profesional. Untuk menunjukkan OM-D E-M5 Mk II sebagai kamera profesional, Olympus menambahkan socket untuk kabel flash eksternal di bagian depan, salah satu ciri yang biasa ditemukan di kamera profesional. Yang lebih menarik lagi, di bagian depannya juga dilengkapi dengan tombol DOF preview yang sangat membantu untuk melakukan previsualisasi gambar. Bagi yang tetap ingin mendapatkan tampilan kamera DSLR, Olympus menyediakan Camera Grip HLD-8G dan juga Power Battery Holder HLD-6P yang bisa dipasang pada OM-D E-M5 Mk II. Dengan dipasangnya dua aksesoris tersebut secara bersamaan, dimensi kamera akan jauh lebih besar, lebih tampak sebagai kamera profesional.

Dari kedua aksesori tersebut, yang paling menarik adalah HLD-8G. Membuat grip pegangan kamera jadi jauh lebih nyaman. Perubahan signifikan terjadi di bagian atasnya. Olympus OM-D E-M5 Mk II punya pilihan tombol yang makin kaya. Selain tombol untuk mengatur kurva highlight dan shadow, ada juga tombol khusus untuk menjalankan mode HDR. Mode HDR pada OM-D E-M5 Mk II bekerja dengan mengambil tiga gambar dengan eksposur berbeda kemudian digabungkan menjadi satu file gambar secara otomatis di kamera. Walaupun ukuran bodinya kecil, kamera yang bodinye terbuat dari bahan magnesium alloy dengan feature weather seal tersebut memiliki tombol dengan mekanisme pengoperasian yang ergonomis.

Dua tombol putar yang terletak di bagian atas bodi cukup nyaman saat dipakai untuk mengatur aperture, kecepatan shutter, dan kompensasi eksposur. Menu-menu penting ditampilkan secara informatif hanya dengan menekan tombol OK yang terletak di tombol cross menu. Pilihan parameter untuk setiap menunya dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan tombol putarnya. Feature penting lain pada OM-D E-M5 Mk II yang tidak boleh dipandang sebelah mata adalah swivel LCD. Layar LCD 3,0 inci berteknologi OLED tersebut punya sumbu yang bisa dirotasi secara vertikal dan horisontal dengan sangat fleksibel. Yang lebih menyenangkan, layar tersebut jernih dan tajam. Foto hasil jepertan bisa tampil menawan.