Penyandang Asperger Yang Jago Menghafal Bagian 3

Wednesday, July 10th 2019. | Parenting

Muhammad Mirza Murad (8) adalah salah satu pengidap asperger. Namun di balik kekurangan, ia menyimpan kelebihan. Mirza adalah anak yang pintar menghafal. Berikut cerita sang mama, Mubarika (38).

Rajin Ikut Terapi

“Sejak usia 24 bulan Mirza rutin ikut terapi wicara dan sensori integrasi, sebanyak 5 kali dalam seminggu. Di usia 4 tahun dia sudah lancar berkomunikasi dua arah, namun masih agak cadel huruf R terucap W. ‘Orang’ menjadi ‘owang’, misalnya. Saat di usia 5,5 tahun atau saat di kelas TK B semakin tampak kemajuannya. Mirza sangat mudah menghafal surat An-Naba 40 ayat hanya dengan mendengar 3-5 kali saja. Ia memiliki kecerdasan auditori.

Di usianya 6,5 tahun, Mirza sudah menyelesaikan terapi wicaranya, tetapi sensori integrasi masih dilanjutkan 1 kali seminggu. Melihat kemajuannya saya sangat bersyukur dan terus memacunya belajar. Dalam mengasuh MIrza, kami banyak memberinya tanggung jawab dengan menyerahkannya tugas-tugas sederhana. Sejauh ini, bisa dibilang kendala Mirza ‘hanya’ cara bicaranya yang formal saja.

Selain itu, karena dia memiliki kecerdasan auditori, dia jadi cepat bosan dalam kelas saat guru mengulang pelajaran. Secara akademik, Mirza tidak mengalami kesulitan. Namun karena menyandang asperger, di kelas dia harus memiliki kakak pendamping. Saat Mirza masuk SD, kami mencari sekolah umum yang menerima anak kebutuhan khusus. Rasionya biasanya 1 anak kebutuhan khusus dalam 1 kelas berisi 15-20 murid.

Kakak pendampingnya di sekolah lebih banyak bertugas untuk memastikan Mirza dapat bermain, bersosialisasi dan bekerja sama dengan teman-temannya. Tugas kami hingga saat ini sebagai orangtua adalah mengajarinya untuk mau berkomunikasi dan hidup bersosialisasi. Einstein, Newton, Mozart, hingga Bill Gates adalah penyandang asperger yang dapat sukses pada kehidupannya. Kami berharap apa pun cita-cita Mirza yang positif, akan kami dukung 100%.”

Mendidik dan merawat anak dengan penyakit memang cukup berat bagi setiap orangtua. Tentunya setiap tindakan harus diperhatikan dengan detail agar anak bisa sehat seperti teman teman lainnya. Sehingga perkembangan anak tidak terhambat. Simak website ilmu parenting dan mendidik anak agar mendapatkan beberapa informasi dan tips yang bisa dijadikan referensi di rumah. Sehingga orangtua bisa mempertimbangkan semua tindakan yang akan dilakukan untuk anak.