Proses dalam Pembuatan Bordir Komputer

Friday, October 25th 2019. | Otomotif

Di zaman yang sudah serba canggih ini, teknologi sudah semakin berkembang dan melebarkan sayapnya ke segala sektor, tak terkecuali industri. Kini, kegiatan membordir tidak hanya dapat dilakukan dengan cara manual saja, namun sudah bisa menggunakan teknologi komputer. Tentunya, jika menggunakan teknologi komputer, hasil yang diperoleh juga akan lebih baik dibandingkan dengan bordir manual yang terkadang sering terjadi kesalahan. Masa waktu pengerjaan menggunakan sistem bordir komputer juga terbilang lebih cepat namun hasilnya juga lebih maksimal. Hal tersebut karena proses pengerjaan dalam bordir menggunakan mesin komputer sudah dirancang sedemikian rupa sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama.

bordir komputer

Berikut Proses dalam Pembuatan Bordir Komputer

Bordir menggunakan sistem bordir komputer kini sudah banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Hal tersebut karena ada banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh dari bordir menggunakan sistem komputer. Proses pembuatannya juga menjadi salah satu alasan mengapa bordir komputer banyak diminati oleh masyarakat. Berikut ini tahapan-tahapan dalam proses pembuatan bordir menggunakan sistem komputer.

  1. Menerjemahkan Model Menjadi Bentuk Digita;

Sebelum mulai menggunakan jasa bordir komputer, tentunya Anda menentukan terlebih dahulu desain atau model yang ingin dipilih. Maka dari itu, agar desain yang Anda pilih bisa terwujud, komputer perlu untuk menerjemahkan desain yang Anda pilih tadi menjadi gambar digital. Untuk dapat mengubah desain yang dipilih menjadi digital, maka diperlukan juga bantuan dari tangan ahli yang dalam hal ini adalah pekerja yang memang ekspert di bidangnya. Sebab, tanpa keahlian serta pengetahuan dalam bidang bordir dan kreativitas tidak akan mampu mengerjakan pesanan yang diberikan oleh pelanggan.

  • Menyimpan File

Tahapan menyimpan file adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena menyangkut sistem pengerjaan bordir. Karena bordir dengan sistem komputer mengandalkan kerja sama dari komputer dan juga mesin, maka file yang tersimpan harus juga memiliki format yang sama. Sebab, jika formatnya tidak sama, maka file desain tersebut akan sulit terbaca oleh mesin. Setiap file memiliki koordinat jahitan bordir yang berbeda-beda, maka harus hati-hati ketika menyimpan filenya agar tidak pecah maupun terkena virus.

  • Membaca

Mesin bordir satu dengan yang lainnya memiliki format yang berbeda-beda dalam hal pembacaan filenya. Bahkan berbeda tipe mesin meskipun masih dalam satu merek juga berpengaruh pada kualitas file yang bisa terbaca. Oleh karena itu, pastikan untuk menyelaraskan format dari file gambar terlebih dahulu agar bisa terbaca oleh mesin bordir.

  • Memandu Mesin

Jika file yang diinginkan telah dimasukkan, maka tahap selanjutnya adalah memandu mesin agar melakukan proses bordir dengan benar. Proses memandu di sini dalam artian memastikan setiap jarum berada pada pola yang tepat. Cara tersebut tidak terlalu rumit dan cenderung cepat apabila Anda sudah memahami gambar yang menjadi desain bordir dengan baik. Oleh karena itu, dibutuhkan pekerja yang sudah memiliki wawasan luas dan kemahiran dalam mengerjakan pekerjaan tersebut.

  • Mengawasi Mesin Bekerja Hingga Selesai

Tak dapat dipungkiri jika menggunakan mesin bordir komputer akan semakin menghemat dari segi tenaga dan juga waktu. Untuk tahapan akhirnya, Anda hanya perlu mengawasi mesin bekerja ketika memotong benang mengganti warna benang, dan juga menjahit dengan waktu yang cukup cepat, yakni 1200 jahitan tiap menitnya.

Itulah proses dalam pembuatan bordir komputer yang perlu Anda ketahui. Proses-proses tersebut terbilang sangat sederhana dan tidak terlalu rumit. Apalagi, waktu yang diperlukan untuk proses pengerjaannya juga cukup cepat.